Sinergi dari Hati : Alfamart, Bank Sampah dan The Jannah Institute

by - Oktober 18, 2018

Sinergi dari Hati

Assalamualaikum wr.wb halo sahabat blogger ? 
apa kabar semua? Semoga kita tetap di rel kebaikan. Eh yang daerah Jember khususnya daerah kampus. Saya tanya ya, sukanya makan dan nongkrong dimana? Wah di tahun 2018 ini buanyak banget yah tempat kuliner yang siap memanjakan lidah kita. Mulai dari camilan ngemil ngemil sampai makanan berat ada semua.  Eh di jalan kalimantan tempat yang rekomended dimana ya? Kalau ada agenda keluar coba deh cafe sederhana di jalan kalimantan sebelah bursa mahasiswa. Kemarin saya berkesempatan kesitu sama teman-teman. 

Pertama kali datang melihat Tempat parkir luas dua mobil dan puluhan motor berjajar paralel muat, jadi nggak khawatir tempat penuh ya. Masuk ke dalam ada ruang unik yang didesain untuk nyantai. Nah di ruangan paling dalam ada ruang pertemuan yang bisa kalian gunakan untuk meeting, diskusi atau reunian sama geng. 
Panitia dari the jannah Institute sedang persiapan

Waktu saya datang masih sangat pagi yakni pukul 08.30 WIB. Saya datang ke cafe sederhana ini bukan tanpa maksud. Tapi memenuhi undangan the jannah Institute (TJI) untuk mencicipi acara pemberdayaan masyarakat khususnya ibu-ibu.
Acara ini kerja bareng TJI dengan alfamart. Sesampai di ruangan meeting saya di sambut ramah oleh dua remaja admin TJI, seusai tanda-tangan absensi hadir saya masuk dan menyapa orang-orang berbusana rapi dan berseragam alfamart. Tau kan kaos dominan merah dengan logo alfamart di dada. Mereka juga menyambut ramah. Saya di persilahkan duduk setelah bersalaman dengan ibu-ibu yang juga peserta seperti saya. 

Host membuka acara dengan hangat, para ibu ibu sudah mulai dusel-duselan di kursi yang disediakan. Host nya adalah prita founder TJI. Pemateri pertama adalah pak  Yosia andika, beliau adalam pemimpin alfamart Jember. Wah penjelasanya bikin saya melek akan perkembangan tokoritel di Indonesia. Perkembangan toko ritel alfamart detik ini telah mencapai 1400 toko se Jawa Timur, dan 14.000 se Indonesia. Kalau digabung dengan alfamidi lebih banyak lagi. Menurut pak Yosi raja toko ritel di dunia saat ini dipegang seven eleven, yang katanya sempat buka di Indonesia. Kalau kita pernah ke carefour yang sudah di beli transmart itu juga toko ritel yang digdaya. Giant itu toko ritel punya malaysia, nah kenapa nggak kita dukung toko ritel yang asli dari Indonesia. Perkembangan alfamart juga merambah keluar negeri yakni 300 toko di Filipina. Heeem mendengar penjelasannya saya semacam ikut terbang ke atas dan memeriksa toko ritel seperti elang mencari mangsa di bumi. Begitulah visi, melihat dari atas yang orang awam tidak melihat. Pesennya lagi “jangan mau jadi penonton harus memulai usaha”. 

Mimpi alfamart diIndonesia ingin merangkul, tumbuh bersama dengan masyarakat. Kalau dulu kesempatan itu hanya untuk kalangan “hoyang kaya” yang punya duit 850.000.000 untuk membuka toko alfamart, sekarang ada alfamind cukup dengan 250.000 bisa ikut jualan barang di alfamart. Kalau mau coba bisa hubungi saya, alhamdulillah saya sudah berkesempatan jadi store owner di alfamind. Mudah dan menguntungkan in sya Allah asal mau berlatih mencoba aplikasinya.. Ibu-ibu pada berbinar-binar denger kata bisa mengambah income keluarga, apalagi belanja dengan diskon lagi. oke kembali ke ulasan pak yosi. Eh pak yosi ngasih tips untuk kalian yang punya kartu member ponta. Jadi poinnya itu dikumpulin, nanti setiap hari rabu bisa ditukar dengan barang yang lagi promo dengan harga jatuh. Wah ibu-ibu mesti coba nih. Mampir di alfamart tiap Rabu.hehe siapa tahu minyak goreng  tinggal harga goceng.

sinergi dari hati: alfamart, bank sampah dan The jannah institute
saya pake baju batik kerudung hijau ... hem terdepan dalam ndengerin materi

Saya amati ibu-ibu pada semakin semangat, sesekali tersenyum mendengarkan ilmu baru diselingi joke dari alfamart. Kesempatan kedua diberikan kepada dengan pak Taufik, beliau adalah member Relation Manager dari alfamart. Judul materinya Store Sales point. Alfamart sebagai gerai komunitas, terus berupaya untuk bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat melalui induk program: “Alfamart SAHABAT Indonesia: Satu Hati berBagi unTuk Indonesia. Program-program nya meliputi SME Partnership(Alfamart SMEs), Sports (Alfamart Sport), Environment (Alfamart Clean &Green, Art and Culture (Alfamart Vaganza). Pak Taufik juga menerangkan ada isu yang berhembus bahsa minimarket bunus kios kecil. Beliau meluruskan bahwa target market antara alfamart dan toko kecil atau toko kelontong berbeda sehingga pendapat mereka mungkin turun tapi tidak sampai bangkrut. Pak taufik juga menawarkan program alfamart yang bertema tokomodal, buat emak-emak yang punya toko kelontong boleh tuh mengikuti program ini. Keuntungannya barang bisa diantar oleh tim SSp.
Sinergi dari hati: alfamart, tji dan bank sampah
Program Alfamart membantu toko kecil atau toko kelontong

Pemateri berikutnya adalah bapak Bagus yang menjelaskan program alfamind. Silahkan dibaca di link ini agar lebih lengkap.

Nah yang ditunggu ibu-ibu muncul nih. Secara ya, ibu ibu itu suka banget sama praktik mungkin karena otaknya jadi refresh gitu ya kalau sudah utek utek. Pemateri pelatihan nya adalah owner dari Kampung Recycle dan tim. Mereka punya jargon “sampah aja diperhatiin, apalagi kamu. Kalau dari definisi kampung Recycle bermakna kawasan terintegrasi yang berorientasi pada pemanfaatan, pengembangan dan pemeliharaan lingkungan terutama pada pengelolaan limbah. Ketika ibu-ibu ditanya apa sudah ada yang tahu tentang Kampung Recycle serempak menjawab belumm, Cuma satu dua yang menjawab sudah pernah.  Tim KR menjelaskan awalnya komunitas anak muda bernama genbi ini sharing sama mbak efi... katanya, mbak, kalau di Malang kan ada kampung warna, gimana kalau di Jember dibikin sesuatu yang unik. Dari sharing-sharing tadi lahirnya cikal bakal kampung Recycle. Wiii seru juga ya, generasi muda yang penuh ide mau turun tangan untuk kebersihan lingkungan.  Kalau kegiatan alias fiture yang ada terdiri dari eco struktures, eco literasi dan ecoprenuer. Tim Kampung Recycle menjelaskan fiture yang ada. Yang pertama Eco structure, kegiatan di fiture ini ada taman recycle, tempat sampah 3R, green coridor, taman yoga, selfie corner dan pondok kreasi. Untuk yang kedua yakni Eco Literasi ada taman bacaa, green school, kampoeng Recycle goes to public, seminar, wokshop, dan lomba mewarnai. Fiture yang ketiga yakni eco-prenuer terdiri dari bank sampah, decoupage, kreasi daur ulang, hidroponik, wisata literasi dan jasa konsultan. Eh ternyata partnership mereka cukup luas lo diantaranya sudah terjalin dengan Jember Disaster Respon, Universitas jember, Rumah Literasi Indonesia, Bank Indonesia, Generasi baru Indonesia dan DLH Jember. Setelah penjelasan dari tim.

Sinergi dari hati: alfamart, tji dan bank sampah
Botol  bekas decoupage sudah jadi sedang dikeringkan pake fan kecil

Tiba saatnya bikin decoupage dari botol bekas. Caranya botol bekal yang sudah dibersihkan di cat, kemudian di olesi lem dan tempeli tisue bermotif sesuai dengan selera masing-masing. Para ibu mulai asyik berkreasi, ada ibu-ibu yang minta tuker gambar tisue agar lebih sesuai dengan “karekternya cie” termasuk saya, hehe. Setelah di tempel, seluruh permukaan botol diolesi dengan lem lagi tepatnya diluar gambar tisue, kemudian dijemur atau di angin-angin kan. Beruntung banget teman se meja saya bawa kipas duduk. Gini nih the power of emak, persiapannya lengkap dan kreatif langkah berikutnya adalah mengolesi pernis ke semua bagian, ini dilakukan agar permukaan cat lebih kinclong. Lalu setelah kering. Kita bisa mempercantik dengan tali coklat untuk souvenir. “kun fayakun” berasa jadi ahli nih.
Sinergi dari hati: alfamart, tji dan bank sampah
Senyuuuum... kreek senengnya bersinergi dari hati

Sambil nunggu ibu-ibu yang lain menyelesaikan kreasinya. Mbak prita, host kita membuat kuis berhadiah. Tugasnya seluruh ibu yang hadir di minta membuat caption menarik di instagram tentang acara ini. Dan pemenang nya dapat souvenir dari alfamart. Wajahnya sumringah banget dah si penerima hadiah itu. Selamat ya bu, dapat rejeki dari Allah lewat acara alfamart. Sesuai foto bersama kami bergegas makan siang. Udah lah dapat ilmu, dapat decoupage gratis, lunch gratis pulangnya masih disangui godie bag. Wah semoga Allah membalas kebaikan panitia acara ya. Selesai acara biasa lah ibu-ibu saling bertukar no wa, bangun lerasi biar persaudaraan tetap terjaga. Hits banget nih ibu-ibu ya. Well itu tadi liputan keseruan acara pemberdayaan perempuan kerja bareng alfamart dan the jannnah institude, semoga bermanfaat  dan menginspirasi ya

With love

You May Also Like

1 komentar

  1. Terimakasih ya budos cantik sudah ikut meramaikan (lagi) dan berbagi ttg keseruan ini :)

    BalasHapus